2 dan 3, Angka Cantik SMANAPALA

Angka dua dan tiga jadi angka cantik untuk SMANAPALA pada tahun ini. Pasalnya, (21/3) ekstrakurikuler Pencinta Alam SMA Negeri 6 Surabaya ini mengadakan SMANAPALA Wall Climbing Competition (SWCC). Lomba Wall Climbing ini memang merupakan program kerja yang diadakan oleh SMANAPALA tiap tahun. Tahun ini adalah tahun ke-3 pelaksanaan SWCC. Selain itu acara ini juga diadakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun SMANAPALA ke-23 yanng bertepatan pada 23 Maret.

Lomba ini dibuka untuk umum kategori usia dibawah 19 tahun. Peserta datang dari beberapa daerah di Jawa Timur. Jumlah peserta kurang lebih 170 orang. Acara berlangsung selama dua hari, mulai 21 Maret pagi sampai 22 Maret sekitar pukul 21.00 WIB. Hari pertama adalah kompetisi untuk peserta perempuan. Kompetisi bagi peserta laki-laki berlangsung pada hari selanjutnya. Panitia sengaja mengundang juri dari Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI).

MAKRISA tertarik melihat banyaknya peserta yang masih terhitung muda pada kompetisi ini. MAKRISA mendatangi Kharisma, salah satu peserta anak-anak. Kharisma adalah peserta dari club panjat tebing ROCK, Gresik yang kini masih duduk di bangku kelas 3 SD. “Aku nggak takut walau musuhya sudah besar. Kan, nanti kalau menang uangnya bisa dipakai buat beli-beli terus dikasih ke Ibu juga,” ceritanya lugu.

Konsep acara tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pada SWCC tahun ke-1 didinginkan dengan fun music oleh band yang didatangkan oleh panitia. SWCC tahun ke-2 SWCC diadakan bebarengan dengan SMA Negeri 6 Cup.

Panitia juga menyediakan penginapan bagi peserta dari luar kota. Membludaknya peserta jadi kerepotan tersendiri bagi panitia. Peserta yang menginap berjumlah sekitar 120 orang. “Kita sempat kekurangan karpet karena membludaknya peserta, selain itu sie perlengkapan kesusahan dapat karpet karena swadaya memang kurang,” tutur Reddy, salah satu panitia.

Ditemui setelah acara, panitia sempat bercerita kepada MAKRISA mengenai masalah-masalah yang mereka hadapi selama tiga bulan persiapan acara. Kesulitan panitia rata-rata datang dari masalah intern sesama anggota panitia dan masalah dana. “Kita sendiri nggak susah dapat persetujuan dari kepala sekolah, cuma butuh waktu satu minggu buat penandatangan proposal yang kita ajukan,” ujar Nurul, sie acara. Mereka sempat lesu karena tidak begitu banyaknya donatur disebabkan ada beberapa ekstrakurikuler lain di SMA Negeri 6 juga yang akan mengadakan acara. Selain itu pihak OSIS yang awalnya menawarkan bantuan donatur hanya dapat memberi sumbangan sebesar 2 % dari total hadiah tunai. Tapi untungnya, beberapa proposal yang mereka ajukan ke sponsor berhasil ditembus.

Beberapa sponor juga ada yang membuka stan pada saat kompetisi berlangsung. Selain itu ada juga beberapa sponsor yang memperdagangkan barang mereka melalui panitia dengan sistem bagi hasil.

Walaupun tidak sedikit masalah yang dihadapi, SMANAPALA akhirrnya mampu membagikan hadiah total 5 juta rupiah kepada sepuluh pemenang. Perlu diakui kesuksesan SMANAPALA tahun ini karena bisa mengadakan acara besar apalagi sampai jumlah pesertanya melebihi perkiraan panitia.

By : (Le2)

Tuan Rumah Kejatuhan Duren

photo-1343Minggu, 15 Maret 2009

AKSI (Ajang Kreativitas dan Seni Islami) 2k9 oleh SKI – OSIS SMAN 6 Surabaya ,boleh dibilang sukses. Hanya saja yang bikin kurang dari acara ini, acaranya molor. Ada saja halangannya, mulai dari wafatnya Kak Nurul Amalia (XIIP-4) dikarenakan kecelakaan, malam sebelum terselenggaranya acara. Beliau kebetulan juga anggota SKI crew senior. Pukul 08.00, diadakan sholat gaib untuk beliau. Tetapi lomba tetap berlangsung. Acara pun diselubungi dengan belasungkawa.

Tahun ini, AKSI mencoba membuat sensasi baru dengan menghadirkan perwakilan dari SMA/SMK di Sidoarjo dan menawarkan lomba yang baru pada tahun ini yakni lomba cipta lagu islami. Dengan bermottokan “be inspirational Moslem to bring better future”,antusiasme para peserta lomba menjadikan halaman depan SMANAM penuh sesak. Berbagai sekolah dari tingkat SMA/SMK Surabaya-Sidoarjo, berlomba- lomba secara islami lewat ajang ini. SMK 5 Surabaya, SMA 19 Surabaya, dan SMA 10 Surabaya, mereka inilah yang rata-rata mendominasi acara. Nindy (X-3),bagian registrasi lomba, berkomentar sedikit mengenai lomba ini. “Peserta yang ikut nggak terhitung. Suasananya rame banget. Pokoknya syaratnya satu sekolah maksimal mengirim 2 tim. Untuk lomba ceramah, bayar 25 ribu. Untuk lomba CLI (Cipta Lagu Islami), bayar 35 ribu”.

Pembukaan acara AKSI dilakukan oleh Bpk. Ram Suryo dan Drs. Muh. Wafir. Beliau-beliau inilah yang mewakili Kepala Sekolah kita yang tidak bisa hadir dalam acara. Pembukaan diwarnai dengan alunan sholawat Nabi SAW. Dalam pembukaannya, beliau mengaku sangat bangga dengan acara ini. Setelah itu, juga terdapat acara potong pita sebagai tanda bahwa lomba resmi dimulai. AKSI juga menghadirkan artis yang cukup populer di layar kaca JTV. F2V namanya. Sayangnya sewaktu mereka bernyanyi, sound systemnya sedikit mengalami gangguan. Untungnya, berselang 5 menit kemudian, F2V akhirnya dapat kembali menyanyikan lagu islami yang berjudul Assalamualaikum.

Lomba-lomba yang ditawarkan bertajuk islami, antara lain :

1. Nasyid

Dari tuan rumah, kelompok nasyid terdiri dari Nofa (X-4), Irma (X-8), Nibras (X-8), Nadia Fara (X-1), Sally (XIP-4), Fathoni (X-5), dan Andri (X-3). Mereka memakai alunan musik acapella. Sorak sorai penonton menyambut penampilan mereka. Lain lagi dari perwakilan STEMBA. Lagu-lagu mereka selain bernuansa islami, mereka memberi sedikit warna jazz dan repp di dalamnya.

Akhir acara, tim nasyid SMANAM sukses menyabet gelar juara I untuk lomba ini.

2. Kaligrafi

Sie perlengkapan kurang memperhatikan kertas yang disiapkan untuk lomba, akibatnya jumlahnya kurang. Akhirnya lomba kaligrafi dibagi menjadi 3 tahap. Seharusnya 1,5 jam, tapi ada peserta yang komen minta 2 jam. Namun untuk selanjutnya, acara berlangsung tanpa hambatan.

3. Cerdas Cermat

Semifinal dibagi menjadi 2 seri, seri A dan seri B. Masing – masing seri terdiri dari 3 sekolah. SMAN 1 Surabaya menjadi juara I kali ini. Diikuti SMAN 9 Surabaya dan SMAN 14 Surabaya sebagai juara II dan III nya.

4. Ceramah

Lomba ceramah diadakan di musholla. Kak Khoiruddin (mas Iron) dan Rino (X-3) menjadi wakil dari SMAN 6 Surabaya. Durasi untuk ceramah 10-15 menit. Kak Khoiruddin berhasil maraih juara I dalam lomba ini.

5. Musikalisasi Puisi (MP)

Dengan mengambil ayat dari Surah Al Ghasyiyah : 88, kelompok MP dari SMAN 6 Surabaya ,optiomis menang dalam lomba kali ini. Mereka terdiri dari Irna (X-8), Yanitra (X-2), Farah dan Artika (X-4). Sayangnya, mikrofonnya terbatas, jadi para peserta harus rela bersuara lebih keras.

6. Cipta Lagu Islami

Acaranya terdiri dari arrangement lagu sendiri. Lomba dinilai dari keorisinilan, penghayatan lirik, dan arrangement. SMA 10 banyak mendominasi lomba.

7. MTQ putra dan putri

Dari SMAN 6 Surabaya, MTQ putra diwakili oleh Noufal (X-4). MTQ Putri diwakili oleh Eva (X-8). Mereka optimis menang ,walaupun Eva tampil dengan fisik yang kurang sehat.

Penutupan molor menjadi jam 15.30, bersama dengan diumukan juara lomba dan juara umum. SMAN 6 Surabaya dibuat bangga karena tuan rumah berhasil menjadi Juara Umum tahun ini. Pembagian hadiah akan dilaksanakan 21 Maret 2009 mendatang.

photo-1480Sabtu, 21 Maret 2009

Pembagian hadiah lomba AKSI 2k9 telah mencapai puncaknya. Tepat tanggal 21 Maret, acara AKSI part.2 disambut dengan senang hati oleh para dewan guru dan siswa-siswi SMANAM. Acara diawali dengan do’a bersama dan istighosah bagi kelas XII dalam menyambut UNAS yang tinggal menghitung hari lagi. Istighosah berlangsung dengan khusyuk. Jam 08.00, acara disambung dengan rentetan lanjutan acara AKSI. Lapangan SMANAM digelar dengan seperangkat terop dan karpet yang luas, serta panggung mini di depannya.

Alunan sholawat berkumandang. Menandakan bahwa acara dimulai. Sambutan demi sambutan terlontar dari Ibu Wakasek SMANAM, ibu Suwinarsih ,dilanjutkan sambutan dari Kak Ilham , Ketupan AKSI 2k9 serta sambutan dari DIKNAS tentang acara ini. Acara diselingi hiburan dari tim nasyid SKI SMANAM.

AKSI mengundang beberapa bintang tamu ternama seperti Ari ,artis JTV ,dan penceramah yang cukup populer bernama Bpk. Ainun Wahid. Tausiyah kali ini mengambil tema tentang cara untuk meningkatkan pelajar muslim.

Hari yang cerah dan panas. Cuaca yang sangat mendukung, tapi tetap ada saja keluhan dari sana-sini, entah karena saking panasnya sehingga para penonton AKSI dibuat berkeringat atau istilah dalam bahasa Jawanya sumuk. Konsumsi tak luput dari acara, segelas aqua dibagikan gratis untuk para penonton. Bahkan ada beberapa penonton yang saking tidak tahan panasnya, mereka menyempatkan diri nongkrong ke kantin.

Selanjutnya penonton dihibur dengan acara nonton dokumenter AKSI tanggal 15 Maret sebelumnya. Sayang, karena situasi LCD yang terkena cahaya matahari, sehingga film tidak bisa terlihat dengan jelas. Beberapa penonton kecewa akan hal itu.

Tiba sudah saatnya acara yang paling ditunggu-tunggu yakni acara pembagian hadiah. Tepuk tangan meriah tercurah dari penonton saat beberapa pemenang lomba diumumkan. Terutama dari tuan rumah sendiri, tidak ada habisnya sambutan dari para penonton. Tak diragukan lagi, SMANAM lah yang berhasil membawa pulang piala Juara Umum AKSI 2k9 tahun ini.

Opini peserta lomba :

* SMA 6 SBY :

1. Nofa (NASYID)

Alasan : pengen ikut saja karena suaraku bagus.

Tanggapan : Sie perlengkapan : sound kurang, optimis SMA 6 menang maksimal juara umum.

* UMUM :

1. Ismi (NASYID)

Asal : SMA 19 SBY

Kelas : X

Alasan : pengen nambah pengalaman

Tanggapan : kelompok kami latihannya ndadak ,baru 2 minggu latihan. tapi kami tetap optimis menang.Untuk panitia ,Khususnya sie konsumsi, konsumsinya tadi kurang, kami sekelompok cuma dapat 2 aja..Sie acaranya lancar, tapi untuk urusan sound kurang.

2. Ariza (MTQ PUTRI)

Asal : SMA 10 SBY

Alasan : pengen ikutan , pengen ngetes kemampuan. sering banget saya ngisi acara, tapi baru kali ini coba-coba ikutan lomba. Tetep optimis menang. Niat aku bisa mbawa SKI SMA 10 SBY maju dan tertata rapi.

Tanggapan : buat SKI SMANAM : saya salut banget sama acara ini , apalagi ini acara besar. Tentu sudah bisa dianggap bahwa SKI disini maju. Saran saya tambah maju dan berkembang lagi .

Opini Panitia :

1. Koord. Sie Konsumsi tentang masalah pembagian konsumsi

“Sebenarnya ada PJ (Penanggung Jawab) , tapi ada peserta yang malah latihan di luar sewaktu pembagian kue, jadi mereka yang diluar tadi nggak kehitung. Jadi bukan salah Sie Konsumsi dong.!”, jelas Koord. Sie Konsumsi.

Akhir acara, panitia sudah sepantasnya mereka berbangga diri akan kemenangan besar tersebut. Tapi jangan sombong ya kawan. Akhir kata, teruslah ukir nama SMANAM menjadi yang terbaik dari semuanya dan Wish all the best for SKI SMANAM …!

By : (fau/bun)

SVC Merebutnya Lagi

dsc00975Latihan setiap hari, itulah yang dilakukan tim lomba SVC (Sixers Voice Choir) dari SMA Negeri 6 Surabaya untuk mempersiapkan lomba paduan suara yang di adakan oleh Universitas Widya Mandala. Mereka sangat berharap bisa meraih juara dalam lomba itu.

Tepat pukul 13.00 lomba dimulai. Dua MC berwajah cina membuka acara dan menjelaskan berbagai peraturan. Tak lama kemudian penampilan pertama dari SMAK Santo Carolus dan dilanjutakn dengan penampilan SMAN 1 Sidoarjo. Selajutnya tibalah saat penampilan no.3 yaitu SVC(Sixers Voice Choir) mereka melangkah dengan pasti menuju panggung, diawali dengan suara merdu Diana setelah itu musik pun berbunyi begitu lembut diteliga, diiringi dengan suara –suara merdu tim paduan suara dan keserasian musik serta lagu yang dipandu oleh Prita (pelatih SVC-red) sehingga membuat bulu kudu berdiri. Gerakan-gerakkan anggun menambah kemenarikkan lagu “Rame-rame” yang mereka bawakan, ditambah dengan dansa-dansa yang mempesona. Semua penonton bertepuk tangan sangat meriah setelah mereka menyelesaikan lagunya.Penampilan selanjutnya dari SMA Trimurti Surabaya dan terakhir adalah penampilan SMAN 20 Surabaya.

Setelah ke 5 penampilan tadi, MC mengadakan games. Mereka menunjuk seseorang peserta untuk maju dan bernyanyi ke depan. Mbak Dhana (dari SVC-red) pun maju dan menyanyikan sepotong lagu berbahasa Inggris. Kemudian, ada salah satu gadis bernama Ika yang menantang unuk maju yaitu dari SMAN 20. MC punya ide untuk menyuruh Ika berduet dengan seseorang. MC pun memilih Daraf (dari SVC juga) untuk menemani berduet. Semua anak SVC pun berteiak kegirangan. Mereka membawakan 1 lagu, Suara mereka terdengar serasi walaupun Daraf sempat salah melantunkan lirik sehingga membuat semua tertwa.

Acarapun dilanjutkan dengan lomba breakdance yang dibuka dengan penampilan dari SMAK Santo Carolus Surabaya. Setelah penampilan 3 dance, acara terhenti sejenak karena ada pergantian MC. Setelah perkenalan kedua, MC memberi kesempatan kepada para juri untuk menyampaikan komentar terhadap penampilan semua peserta. “Penampilan ke-5 peserta sudah cukup baik, tapi latihan basic vocal harus terus ditingkatkan karena itu sangat penting. Persiapan harus direncanakan dengan matang. Cara bernyayi ada 3 unsur penting yaitu Diligent, pemusik, dan penyanyi karena ada peserta yang tidak mementingkan musik padahal diligent harus memerhatikan semua termasuk pemusik karena diligent adalah pemimpin,” Komentar salah seorang juri.

Setelah itu pengumuman juara lomba Paduan suarapun di mulai. Dimulai dengan juara ke-3 dengan point 750 adalah SMA Trimurti Surabya. Juara ke-2 adalah SMAN 1 Sidoarjo dengan point 755, dan juara ke-1 dengan point tertinggi diraih oleh SMAN 6 Surabaya. Wajah-wajah tegang kini mulai memudar menjadi kebahagian dan kepuasan karena SMAN 6 berhasil merebut juara 1 lagi. Perwakilan Diligent dari masing-masing juara pun maju untuk menerima hadiah. Semua anggoa SVC berfoto-foto merayakannya sehinnga menggemparkan suasana aula universitas Widya Mandala. Semua anggota SVC pun pulang dengan wajah gembira dan rasa lega.

By : Dita

Vj Rizky Was Coming to SMANAM !!!

ss852065Hari itu, Selasa, 4 Maret 2009, SMAN 6 Surabaya tampak kedatangan beberapa rombongan dari Global TV, dan dalam rombongan tersebut ada seseorang yang membuat beberapa cewek sixers bercelingukan ingin melihat. Ternyata, seseorang tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah Vj Rizky !!! Yah, sudah dapat diduga, sih. Karena SMAN 6 Surabaya akan kedatangan Global TV dalam acara “Flexi Superstar”, dan host dari acara tersebut adalah si ganteng Vj Rizky.

Seketika itu juga, tim MAKRISA langsung meminta pada pengurus OSIS, selaku panitia intern SMAN 6 Surabaya agar mendapat kesempatan untuk ber “cuap-cuap” dengan cowok berkulit putih satu ini. Berikut hasil wawancara dari MAKRISA dengan Vj Rizky.

MAKRISA : Halo, Vj Rizky !

Vj Rizky : Hai, mau tanya-tanya tentang apa, nih ? (seraya menjabat tangan tim MAKRISA)

MAKRISA : Ya … mau tanya-tanya tentang Vj Rizky sama acara “Flexi Superstar” ini. Boleh, ‘kan?

Vj Rizky : Oh, ya ya. Silahkan.

MAKRISA : Ngomong-ngomong, Vj Rizky sudah tur kemana saja, nih, sama “Flexi Superstar” ?

Vj Rizky : Mmm … sampai sekarang, sih, baru Jakarta, Bandung, Semarang, Bali, dan akhirnya di Surabaya ini.

MAKRISA : Menurut Vj Rizky, SMAN 6 Surabaya ini sekolah yang bagaimana ?

Vj Rizky : Mmmm … belum tau sih, ya. Soalnya ‘kan baru saja di sini, dan biasanya karakter sekolahnya terlihat pas hari H. Tapi pastinya, sekolah ini punya banyak ekskul dan gue yakin besok (Rabu, 5 Maret 2009) sepertinya bakal seru.

MAKRISA : Dari sekolah-sekolah yang sudah dikunjungi, paling seru sekolah yang mana ?

Vj Rizky : Sama serunya. Soalnya tiap kota punya keunikan sendiri-sendiri. Jadi masing-masing punya kelebihan yang berbeda-beda.

MAKRISA : Kalau menurut Vj Rizky sendiri, acara “Flexi Superstar” ini bagaimana ?

Vj Rizky : Keren. Soalnya, acara ini bisa menguji kekompakan tim tiap sekolah juga.

MAKRISA : Lalu, apa harapan Vj Rizky dari acara ini ?

Vj Rizky : Ya pinginnya, sih, lebih digedein saja. Biar acara ini semakin tenar, dan nama Vj Rizky juga ikutan tenar. Hahahaha …

MAKRISA : Oh, memangnya Vj Rizky host tunggal acara ini, ya ?

Vj Rizky : Iya, kecuali untuk di Medan. Soalnya, syuting di Medan barengan sama yang di Surabaya ini. Jadi bukan Vj Rizky yang jadi host di sana.

MAKRISA : Apa, sih, sukanya Vj Rizky bekerjasama dengan “Flexi Superstar” ?

Vj Rizky : Seru ! Bisa keliling-keliling Indonesia, ketemu banyak orang dengan karakter yang berbeda-beda dari tiap sekolah.

MAKRISA : Kalau dukanya ?

Vj Rizky : Yah, bukan duka, sih. Cuma di tiap kota yang dikunjungi, udaranya panaaas banget. Eh, ternyata di Surabaya juga panas. Sumuk. (katanya sambil tersenyum)

MAKRISA : Mmm … ya, sudah. Segitu saja wawancara dari kami.

Vj Rizky : Yakin, nih ? Yakin segitu saja ? (sambil tersenyum jahil)

MAKRISA : Iya kami rasa sudah cukup, terima kasih atas waktunya, ya.

Vj Rizky : Oke, deh, kalau brgitu. Thank you. (seraya menjabat tangan tim MAKRISA)

Wah, seru juga ngobrol-ngobrol bersama Vj Rizky. Selain ramah, pria kelahiran Bandung, 23 Oktober 1985 ini, ‘doyan’ bercanda. Jadi, meskipun kami baru saja kenal, wawancara berlangsung tanpa kecanggungan. Betul-betul pengalaman yang menyenangkan.

(risk & 2bon)

KOPERASI MITRA PEMUDA BAGI-BAGI UANG

Jum’at, 30 januari 2009 ekstrakurikuler koprasi mengadakan rapat penting yang di ikuti oleh perwakilan siswa dari kelas X, XI, dan XII selain itu juga semua anggota koprasi. Rapat itu juga di hadiri oleh Bpk.Dr.H.Suparta.MM.M. sc, beliau menghimbau supaya koperasi Mitra Pemuda meningkatkan kreativitas barang-barang yang ada di sana beliau juga menyarankan agarbarang- barang itu bisa sesuai dengan situasi dan kebutuhan semua siswa, misalnya saat ini musim hujan jadi sebaiknya koperasi menyediakan jas hujan berlogo SMA Negri 6 Surabaya. Ibu wakasek kesiswaan SMA Negri 6 Surabaya juga hadir dalam acara ini. Ibu. Hj.endang djayati selaku pembina koprasi juga ikut memberikan sambutan pada acara itu beliau menghimbau agar anggota koperasi yang baru dapat bekerja lebih baik daripada tahun sebelumnya.

Pada hari itu juga di lakukan laporan rugi dan laba koprasi dalam satu tahun yang di sampaikan oleh bendahara umum koprasi. Laba Kotor koprasi Mitra Pemuda adalah Rp. 40,897,604.00 dan laba bersihnya adalah Rp. 35,625,734.00. dari laba koprasi tersebut di tetapkan pembagian SHU kelas X sebesar 10% (RP.1.425.00), kelas XI sebesar 30% (Rp. 4.275.000), kelas XII sebesar 60% (Rp. 8.550.000), jasa anggota 35%, dana sosial 15%, dan dana kegiatan koprasi 5%. Dari pernyataan-pernyataan tersebut ada beberapa pertanyaan dan saran yang di ajukan oleh peserta dan bapk ibu guru diantaranya pertanyaan Mas Galih(ketua osis lama SMAN 6) “ Apa kegunaan dari dana sosial dan dana cadangan?” jawabanya “ Dana sosial di gunakan untuk anak-anak yang tidak mampu, sedangkan dana cadangan di gunakan untuk modal selanjutnya”. Serta ada saran dari Bpk. Drs. H. Heri Zumidar Halim selaku pembna sekbid 6 beliau memberi saran agar kedepannya pengurus lama dapat membimbing pengurus baru”.

Puncak acara dari Rapat Anggaran Tahunan (RAT) adalah pergantian pengurus lama dengan pengurus baru dan pengucapan sumpah oleh pengurus baru. Ketua Umum koprasi adalah Rizky agustin, ketua dua adalah Dina Ayu (XI-P1), ………… Amelia, Isna anggraini,

Acara ini ditutup oleh pembacaan do’a dan pembagian Sisa Hasil Usaha kepada setiap kelas, yang di awali oleh kelas XII dan diakhiri oleh kelas X.