Kuliah di luar negeri mungkin menjadi impian banyak pelajar lainnya. Berikut ini adalah tips tips bagi kalian yang ingin melanjutkan kuliah di negeri si schumacer, Jerman.

1. Sehat Jasmani.

Ini adalah hal paling terpenting dan wajib jika kalian ingin melanjutkan sekolah di luar negeri. Nggak hanya di Jerman aja. Selain itu sehat jasmani juga diperlukan dalam mencari pekerjaan. Kalau aktifitas mahasiswa umumnya 4-10 jam per hari (kuliah dan kerja ) trus tidur 6-8 jam per hari. Persiapkan dirimu buat belajar dan kerja 14 jam sehari dan tidur max 4 jam. Banyak-banyaklah beristirahat jangan terlalu memforsir tubuh karena kamu akan mudah terserang penyakit dan pengeluaran lebih membengkak.

2. Bukti Akademis

Nilai akademis itu bukan bukti kalau kamu pinter, tapi bukti bahwa kamu bisa berusaha dan punya hasil diatas rata-rata. Saat kamu sudah tidak memiliki uang trus nilai pas-pas an. Gimana orang lain mau percaya buat ngasih kamu beasiswa ? Jadi usahakan nilaimu selalu berada di atas rata2 dan standart minimal

3. Rajin Mencari Informasi

Daripada kamu online twitter, facebook, baca manga online atau download film, mendingan kamu cari informasi tentang kuliah di luar negeri. Seperti persyaratan untuk kuliah di jerman, apa aja isi kuliahnya, pilihan jurusannya, syarat untuk bikin visa, dapet beasiswa. dll. Makin banyak kamu baca makin banyak informasi yang kamu terima, makin spesifik pertanyaan kamu makin cepat dan mudah untuk kamu dapat jawaban.

4. Rajin Bersosialisasi

Nah karena kamu sekarang sering mencari informasi buat kuliah negeri orang, jangan lupa buat rajin menyosialisasikan diri dengan tetap berkomunikasi dengan teman-teman sekolahmu. Begitu pula ketika di negeri orang, kalau kamu disana tidak punya teman sekalipun kehidupanmu akan terasa berat dan terasingkan. Walaupun kebanyakan orang barat hidupnya sangat individualistis.

5. Punya Motivasi yang Kuat

kalau kamu nanti berhasil mendapat beasiswa di Jerman jangan lupa untuk menekankan pada dirimu bahwa disana bukanlah tempat untuk bersenang-senang atau holiday. Ingat, kamu disana untuk belajar. Uang yang diberikan padamu juga hanya untuk memfasilitasi biaya pendidikan. Jangan senang berfoya-foya dsb. Kalau misalnya kamu kehabisan uang, tekankan pada dirimu untuk selalu berusaha demi meraih mimpi dan cita-cita. Dengan motivasi yang kuat akan membuatmu semakin bertahan dengan kerasnya hidup sendiri di negeri orang. Kamu bisa berkuliah sambil bekerja disana. Misalnya menjaga toko atau bekerja di supermarket.

6. Kemampuan Berbahasa Jerman

Dengan memiliki kemampuan berbahasa yang sangant bagus akan membantu proses belajarmu selama di Jerman dengan baik.

7. Pengalaman adalah Guru Terbaik

Gimana kalo udah sarjana terus menjadi pengangguran ? Santai aja, kalau kamu dulu waktu kuliah bisa nyambi kerja juga, sekarang luangkan waktumu untuk bekerja sepenuhnya sambil mencari lowongan kerja sesuai dengan pendidikan yang kamu tempuh sebelumnya.

(firs)