FM 100 , Suara Surabaya , News-interaktif-soluktif”, coba cermati baik-baik, lantunan ini mungkin sudah tak asing lagi di telinga kita. Bahkan jika kita berpaling, banyak diantara kalangan orang tua, hafal lantunan tersebut. Ya, that’s right, itu adalah slogan dari stasiun radio Suara Surabaya FM.

kk64271_clip3

Tanggal 23 April 2009, makrisa (Majalah Kreasi Siswa) SMAN 6 Surabaya mendapat kehormatan untuk bertandang ke markas SS FM. Sebanyak 15 orang telah bersiap terbang ke SS FM. Kedatangan makrisa disambut dengan baik oleh radio yang kerap dipanggil SS ini. Suka cita dan canda tawa dari arek makrisa tak luput dari acara tersebut. Pertama kali tiba, makrisa sudah disodorkan dengan berbagai macam ruang yang telah penuh dengan orang serba sibuk. Untuk pertama, makrisa dijajal untuk melihat-lihat situasi di ruang penyiar diikuti dengan beberapa gatekeeper (gatekeeper=penjaga pintu (informasi) sebelum on air) . Beberapa dari anggota ekskul ini menyatakan rasa terkagum-kagum ketika melihat kinerja para penyiar sewaktu on air. “Para pekerja disini sangat ulet, teliti, dan profesional”, kata Fauziah, salah satu anggota makrisa. Memang stasiun radio ini sebenarnya cocok bagi pendengar berusia 20 tahun ke atas. Acara radionya rata-rata berkomposisi tentang lalu lintas jalan dan berita hangat. “Kalaupun lagu, radio ini hanya menyajikan 2 lagu setiap kali siaran.”,jelas karyawan di SS FM.

Yang menarik, kawasan ini terdiri dari 3 badan usaha yang sama tujuannya yaitu mencari informasi tetapi berlainan bidang. Antara lain SS FM 100 MHz, GIGA FM 99,6 MHz, dan SCG (Surabaya City Guide),majalah dwi bulanan suara Surabaya. Di markas GIGA FM, makrisa dijelaskan tentang keunikan yang beda dari SS FM sebelumnya. GIGA hanya menyajikan informasi tentang wanita dan penyajian lagu lebih banyak dibandingkan SS FM. Radio yang berfrekuensi 99,6 MHz ini, sangat cocok sekali bagi pendengar wanita usia 20 tahun ke atas.

Di finalnya, makrisa berkunjung ke markas SCG (Surabaya City Guide) ,tempat pembuatan majalah di SS yang tergabung dalam Suara Surabaya Media. Majalah ini banyak mengupas tentang keelokan wisata di kota yang menjadi ibukota Jawa Timur ini. Dimulai dari wisata tradisional hingga mencapai tahap bintang 5 alias internasional. Uih, hebat ya. Majalah ini sangat membantu bagi para turis baik asing maupun domestik. Berguna juga bagi pelajar yang ingin menambah wawasan tentang wisata di Surabaya. Makrisa disambut oleh Akmad Zainal Alim ,selaku Pimred SCG. Kakak yang sering dipanggil kak Alim ini, banyak sekali menjelaskan tentang bagaimana cara membuat majalah yang sesuai di mata pembaca. Benar-benar klop banget buat makrisa kedepannya. Makrisa pun juga diizinkan mengunjungi bagian desain grafis. Di bagian ini kami dijelaskan 7 tips mendesain yang baik dan juga software yang cocok bagi pendesain majalah pada umumnya.

Di akhir acara, kami diberi presentasi dari tim marketing SS media. Kami juga diizinkan untuk bertanya-tanya lebih dalam mengenai majalah SCG. Selesai acara, kami mendapat souvenir kenang-kenangan berupa notes, bolpoin, dan majalah SCG. Jeprat-jepret foto mengakhiri kebersamaan kami. Thanks very much to Suara Surabaya ! Wish all the best for you !… (fau)

by.Fauziah