Minggu, 12 April 2009 | 18:08 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com – Internet tentu saja menjadi “pintu masuk” pertama pergi dan belajar di luar negeri. Dari sinilah calon siswa bisa dengan mudahnya berbelanja informasi, mulai soal beragam universitas unggulan, universitas favorit pilihan pribadi, atau kemungkinan memeroleh beasiswa.

Bisa dikatakan, kehadiran lembaga-lembaga itu sebagai tongkat estafet mewakili pemerintah negaranya yang menawarkan program sekolah bagi pelajar Indonesia di negara tersebut. Hal itu, tentu saja menjadi peluang besar bagi pelajar Indonesia yang bercita-cita menimba ilmu di “negeri orang”.

British Council (http://www.britishcouncil.org/id/indonesia.htm), misalnya. Lembaga ini menjembatani antara kebutuhan kas negara pemerintah Inggris dan besarnya permintaan sekolah dari negara asal mahasiswa.

Contoh lainnya Australian Education Centres (AEC) atau Pusat Pendidikan Australia (http://www.studyinaustralia.or.id/page/About-AEC/), misalnya. AEC merupakan inisiatif pemerintah Australia untuk menyediakan informasi lengkap mengenai studi ke Australia bagi para siswa Indonesia.

AEC memang menjadi pusat informasi resmi dan terpercaya dari pemerintah Australia mengenai semua lembaga pendidikan Australia yang terdaftar untuk menerima pelajar international. Untuk misi itu, AEC menawarkan lebih dari 26,000 program studi di sekitar 1,200 lembaga pendidikan yang ada di Australia. Mulai bidang Bahasa Inggris, bidang sekolah dasar dan menengah, pendidikan dan pelatihan kejuruan, pendidikan tinggi, serta informasi lengkap lembaga perguruan tinggi lainnya.

Selain itu, ada juga Netherlands Education Support Office atau NESO (http://www.nesoindonesia.com/) untuk panduan ke Belanda, Educational Advising Service atau EAS (http://eca.state.gov/educationusa/centers/index.cfm?region=EA) untuk ke Amerika Serikat (AS), Swiss Scholarship for Indonesian http://www.scholarshipnet.info/postgraduate/swiss-scholarship-for-indonesian/) untuk negara Swis, serta banyak lagi yang bisa diakses lebih dulu melalui situs mereka.

sumber : http://www.kompas.com
LTF