photo-1343Minggu, 15 Maret 2009

AKSI (Ajang Kreativitas dan Seni Islami) 2k9 oleh SKI – OSIS SMAN 6 Surabaya ,boleh dibilang sukses. Hanya saja yang bikin kurang dari acara ini, acaranya molor. Ada saja halangannya, mulai dari wafatnya Kak Nurul Amalia (XIIP-4) dikarenakan kecelakaan, malam sebelum terselenggaranya acara. Beliau kebetulan juga anggota SKI crew senior. Pukul 08.00, diadakan sholat gaib untuk beliau. Tetapi lomba tetap berlangsung. Acara pun diselubungi dengan belasungkawa.

Tahun ini, AKSI mencoba membuat sensasi baru dengan menghadirkan perwakilan dari SMA/SMK di Sidoarjo dan menawarkan lomba yang baru pada tahun ini yakni lomba cipta lagu islami. Dengan bermottokan “be inspirational Moslem to bring better future”,antusiasme para peserta lomba menjadikan halaman depan SMANAM penuh sesak. Berbagai sekolah dari tingkat SMA/SMK Surabaya-Sidoarjo, berlomba- lomba secara islami lewat ajang ini. SMK 5 Surabaya, SMA 19 Surabaya, dan SMA 10 Surabaya, mereka inilah yang rata-rata mendominasi acara. Nindy (X-3),bagian registrasi lomba, berkomentar sedikit mengenai lomba ini. “Peserta yang ikut nggak terhitung. Suasananya rame banget. Pokoknya syaratnya satu sekolah maksimal mengirim 2 tim. Untuk lomba ceramah, bayar 25 ribu. Untuk lomba CLI (Cipta Lagu Islami), bayar 35 ribu”.

Pembukaan acara AKSI dilakukan oleh Bpk. Ram Suryo dan Drs. Muh. Wafir. Beliau-beliau inilah yang mewakili Kepala Sekolah kita yang tidak bisa hadir dalam acara. Pembukaan diwarnai dengan alunan sholawat Nabi SAW. Dalam pembukaannya, beliau mengaku sangat bangga dengan acara ini. Setelah itu, juga terdapat acara potong pita sebagai tanda bahwa lomba resmi dimulai. AKSI juga menghadirkan artis yang cukup populer di layar kaca JTV. F2V namanya. Sayangnya sewaktu mereka bernyanyi, sound systemnya sedikit mengalami gangguan. Untungnya, berselang 5 menit kemudian, F2V akhirnya dapat kembali menyanyikan lagu islami yang berjudul Assalamualaikum.

Lomba-lomba yang ditawarkan bertajuk islami, antara lain :

1. Nasyid

Dari tuan rumah, kelompok nasyid terdiri dari Nofa (X-4), Irma (X-8), Nibras (X-8), Nadia Fara (X-1), Sally (XIP-4), Fathoni (X-5), dan Andri (X-3). Mereka memakai alunan musik acapella. Sorak sorai penonton menyambut penampilan mereka. Lain lagi dari perwakilan STEMBA. Lagu-lagu mereka selain bernuansa islami, mereka memberi sedikit warna jazz dan repp di dalamnya.

Akhir acara, tim nasyid SMANAM sukses menyabet gelar juara I untuk lomba ini.

2. Kaligrafi

Sie perlengkapan kurang memperhatikan kertas yang disiapkan untuk lomba, akibatnya jumlahnya kurang. Akhirnya lomba kaligrafi dibagi menjadi 3 tahap. Seharusnya 1,5 jam, tapi ada peserta yang komen minta 2 jam. Namun untuk selanjutnya, acara berlangsung tanpa hambatan.

3. Cerdas Cermat

Semifinal dibagi menjadi 2 seri, seri A dan seri B. Masing – masing seri terdiri dari 3 sekolah. SMAN 1 Surabaya menjadi juara I kali ini. Diikuti SMAN 9 Surabaya dan SMAN 14 Surabaya sebagai juara II dan III nya.

4. Ceramah

Lomba ceramah diadakan di musholla. Kak Khoiruddin (mas Iron) dan Rino (X-3) menjadi wakil dari SMAN 6 Surabaya. Durasi untuk ceramah 10-15 menit. Kak Khoiruddin berhasil maraih juara I dalam lomba ini.

5. Musikalisasi Puisi (MP)

Dengan mengambil ayat dari Surah Al Ghasyiyah : 88, kelompok MP dari SMAN 6 Surabaya ,optiomis menang dalam lomba kali ini. Mereka terdiri dari Irna (X-8), Yanitra (X-2), Farah dan Artika (X-4). Sayangnya, mikrofonnya terbatas, jadi para peserta harus rela bersuara lebih keras.

6. Cipta Lagu Islami

Acaranya terdiri dari arrangement lagu sendiri. Lomba dinilai dari keorisinilan, penghayatan lirik, dan arrangement. SMA 10 banyak mendominasi lomba.

7. MTQ putra dan putri

Dari SMAN 6 Surabaya, MTQ putra diwakili oleh Noufal (X-4). MTQ Putri diwakili oleh Eva (X-8). Mereka optimis menang ,walaupun Eva tampil dengan fisik yang kurang sehat.

Penutupan molor menjadi jam 15.30, bersama dengan diumukan juara lomba dan juara umum. SMAN 6 Surabaya dibuat bangga karena tuan rumah berhasil menjadi Juara Umum tahun ini. Pembagian hadiah akan dilaksanakan 21 Maret 2009 mendatang.

photo-1480Sabtu, 21 Maret 2009

Pembagian hadiah lomba AKSI 2k9 telah mencapai puncaknya. Tepat tanggal 21 Maret, acara AKSI part.2 disambut dengan senang hati oleh para dewan guru dan siswa-siswi SMANAM. Acara diawali dengan do’a bersama dan istighosah bagi kelas XII dalam menyambut UNAS yang tinggal menghitung hari lagi. Istighosah berlangsung dengan khusyuk. Jam 08.00, acara disambung dengan rentetan lanjutan acara AKSI. Lapangan SMANAM digelar dengan seperangkat terop dan karpet yang luas, serta panggung mini di depannya.

Alunan sholawat berkumandang. Menandakan bahwa acara dimulai. Sambutan demi sambutan terlontar dari Ibu Wakasek SMANAM, ibu Suwinarsih ,dilanjutkan sambutan dari Kak Ilham , Ketupan AKSI 2k9 serta sambutan dari DIKNAS tentang acara ini. Acara diselingi hiburan dari tim nasyid SKI SMANAM.

AKSI mengundang beberapa bintang tamu ternama seperti Ari ,artis JTV ,dan penceramah yang cukup populer bernama Bpk. Ainun Wahid. Tausiyah kali ini mengambil tema tentang cara untuk meningkatkan pelajar muslim.

Hari yang cerah dan panas. Cuaca yang sangat mendukung, tapi tetap ada saja keluhan dari sana-sini, entah karena saking panasnya sehingga para penonton AKSI dibuat berkeringat atau istilah dalam bahasa Jawanya sumuk. Konsumsi tak luput dari acara, segelas aqua dibagikan gratis untuk para penonton. Bahkan ada beberapa penonton yang saking tidak tahan panasnya, mereka menyempatkan diri nongkrong ke kantin.

Selanjutnya penonton dihibur dengan acara nonton dokumenter AKSI tanggal 15 Maret sebelumnya. Sayang, karena situasi LCD yang terkena cahaya matahari, sehingga film tidak bisa terlihat dengan jelas. Beberapa penonton kecewa akan hal itu.

Tiba sudah saatnya acara yang paling ditunggu-tunggu yakni acara pembagian hadiah. Tepuk tangan meriah tercurah dari penonton saat beberapa pemenang lomba diumumkan. Terutama dari tuan rumah sendiri, tidak ada habisnya sambutan dari para penonton. Tak diragukan lagi, SMANAM lah yang berhasil membawa pulang piala Juara Umum AKSI 2k9 tahun ini.

Opini peserta lomba :

* SMA 6 SBY :

1. Nofa (NASYID)

Alasan : pengen ikut saja karena suaraku bagus.

Tanggapan : Sie perlengkapan : sound kurang, optimis SMA 6 menang maksimal juara umum.

* UMUM :

1. Ismi (NASYID)

Asal : SMA 19 SBY

Kelas : X

Alasan : pengen nambah pengalaman

Tanggapan : kelompok kami latihannya ndadak ,baru 2 minggu latihan. tapi kami tetap optimis menang.Untuk panitia ,Khususnya sie konsumsi, konsumsinya tadi kurang, kami sekelompok cuma dapat 2 aja..Sie acaranya lancar, tapi untuk urusan sound kurang.

2. Ariza (MTQ PUTRI)

Asal : SMA 10 SBY

Alasan : pengen ikutan , pengen ngetes kemampuan. sering banget saya ngisi acara, tapi baru kali ini coba-coba ikutan lomba. Tetep optimis menang. Niat aku bisa mbawa SKI SMA 10 SBY maju dan tertata rapi.

Tanggapan : buat SKI SMANAM : saya salut banget sama acara ini , apalagi ini acara besar. Tentu sudah bisa dianggap bahwa SKI disini maju. Saran saya tambah maju dan berkembang lagi .

Opini Panitia :

1. Koord. Sie Konsumsi tentang masalah pembagian konsumsi

“Sebenarnya ada PJ (Penanggung Jawab) , tapi ada peserta yang malah latihan di luar sewaktu pembagian kue, jadi mereka yang diluar tadi nggak kehitung. Jadi bukan salah Sie Konsumsi dong.!”, jelas Koord. Sie Konsumsi.

Akhir acara, panitia sudah sepantasnya mereka berbangga diri akan kemenangan besar tersebut. Tapi jangan sombong ya kawan. Akhir kata, teruslah ukir nama SMANAM menjadi yang terbaik dari semuanya dan Wish all the best for SKI SMANAM …!

By : (fau/bun)

Iklan