“ Aduh males banget nih ke sekolah”. Mungkin pernyataan itu pernah muncul di benak kita? Pernah nggak kepikiran untuk bolos sekolah ? Wah, kayaknya hal semacam itu udah menjadi kebiasaan alami para pelajar. Kali ini, MAKRISA mencoba mengupas tentang ”Apa sih motivasi kamu ke sekolah ?”.

Rata – rata pelajar di zaman sekarang salah mengartikan apa tujuan mereka bersekolah. Menurut mereka, bersekolah merupakan suatu formalitas saja. Bersekolah hanya datang, duduk, mencari sensasi, membuat onar bahkan hanya ingin mendapatkan nilai. Padahal apabila kita mencoba untuk berpikir kembali sebenarnya tujuan kita bersekolah yaitu untuk belajar menuntut ilmu untuk bekal di masa depan dan untuk membentuk pribadi yang baik.

Namun, rasanya kurang pas jika kita belum mengetahui apa sih pendapat para SIXERS ( sebutan bagi siswa SMAN 6 Surabaya ) tentang motivasi mereka ke sekolah. Ada salah seorang siswa SMAN 6 kelas XI IPA 2 mengatakan bahwa, motivasi dia sekolah yakni pembekalan diri untuk di dunia karir kelak. Namun ketika ia disinggung tentang keinginan untuk bolos, ia mengatakan pernah, tapi ia berusaha meminimalisir keinginan seperti itu. Karena menurutnya, sekolah lebih penting demi masa depannya. Dia juga mengatakan bahwa faktor yang membuat dia betah di sekolah adalah teman. Lain lagi dengan salah satu siswi dari kelas XI IPA 6, dia termotivasi ke sekolah karena dia tidak ingin mengecewakannya orang tuanya dan juga karena ekskul.

Sedangkan beberapa siswa lain juga mengatakan bahwa motivasi mereka sekolah adalah untuk bekal meraih cita – cita. Selain itu, juga untuk membanggakan orang tua dan membuktikan bahwa jerih payah mereka untuk membiayai sekolah tidak sia – sia. Menurut kami, sekolah itu sangat penting untuk menentukan masa depan serta untuk membentuk pribadi yang baik. Tetapi demi meningkatkan motivasi siswa agar lebih semangat situasi dan kondisi di sekolah harus mendukung agar para siswa lebih enjoy dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas.