Wah … sudah waktunya kembali ke sekolah, nih. Sebagai pelajar, pasti kita kadang-kadang merasa malas masuk, karena sudah terlanjur keenakan liburan dan ada juga yang senang banget akan datangnya masa-masa kembali ke sekolah. Tapi jujur saja, deh. Sebagian besar dari kalian yang sedang duduk di bangku SMA, lebih banyak perasaan malasnya daripada senangnya. Benar, nggak ? Hmm … untuk memastikan benar atau tidaknya spekulasi ini, kita baca saja, deh, bagaimana pendapat dari beberapa siswa SMA Negeri 6 Surabaya, alias sixers ….

Chikita Maulidya. P. P ( XI IPA 2 )

Hmm … agak malas, sih. Hahaha … Soalnya harus nerima pelajaran lagi, harus bangun pagi lagi. Hhhh … Tapi ada senengnya juga. Soalnya bisa ketemu teman-teman dan ngobrol-ngobrol lagi. Apalagi, ngomongin seputar liburan yang baru saja kita lewati. Mmm … mungkin supaya para murid nggak malas untuk menerima pelajaran, ada baiknya kalau proses belajar-mengajarnya dibuat serius, tapi tetap santai. Biar murid juga enjoy.

KK ( X – 4 )

Senang, sih. Soalnya bisa ketemu teman-teman lagi dan juga kita bisa memperbaiki nilai-nilai yang kurang di rapor. Tapi nggak senangnya, harus menghadapi pelajaran-pelajaran lagi dan harus bangun pagi. Kalau buat aku, mendingan jam-jam pelajaran IPA harus lebih serius. Sedangkan pelajaran di luar IPA, nggak apa-apa kalau kosong. Hehehe … memang terdengar egois. Tapi, aku ingin masuk IPA, sih.

Wah, ternyata spekulasi bahwa “Back to school is bad”, tuh, nggak sepenuhnya benar ya ?? Buktinya, ada teman kita yang memanfaatkan waktu kembalinya ke sekolah untuk mengejar nilai-nilai yang kurang. Tapi kebanyakan, perasaan malas mereka disebabkan karena harus berhadapan dengan pelajaran-pelajaran serta harus bangun pagi. Memang, sih, sebagian besar sekolah di Surabaya dimulai sekitar pukul 06.30 atau 07.00, dan baru berakhir sekitar pukul 15.00. Jelas saja mereka jenuh dan bosan.

Tapi, coba deh, kita ubah pola pikir kita dengan memandang pelajaran-pelajaran yang kita terima, tuh, bukan sekadar bekal untuk menghadapi UAS, UNAS, dsb. Melainkan sesuatu yang sangat penting dan berguna saat kita memasuki dunia kerja. Dijamin, kalian pasti bakal lebih semangat, serius, dan enjoy menerima tiap pelajaran yang diberikan Bapak / Ibu Guru kita.

By : Risk