MAKRISA (Majalah Kreasi Siswa) adalah nama majalah sekolah SMA Negeri 6 Surabaya. MAKRISA juga merupakan sebuah ekskul Jurnalistik dan Fotografi di sekolah ini. Kemudian, MAKRISA memutuskan untuk mengembangkan kreasi menjadi sebuah magazine online, yang fungsinya kurang lebih sama dengan majalah sekolah, yaitu menjadi wadah kreativitas seluruh siswa SMA Negeri 6 Surabaya.

Meskipun MAKRISA online ini masih merupakan salah satu tahap pembelajaran kami, tapi kami yakin bahwa kami sanggup menjadi magazine online yang bermanfaat. Keputusan membuat magazine online ini juga menjadi suatu tantangan baru dan tanggung jawab besar bagi kami. Seperti yang kita tahu, magazine online berbeda dengan majalah sekolah. Pada magazine online, kami dituntut untuk lebih disiplin dan membuat artikel yang lebih bagus lagi. Karena, magazine online ini tentunya harus update dan menarik untuk dilihat dan dibaca oleh masyarakat luas, tidak hanya warga sekolah kami saja.

Tujuan kami ingin menjadi magazine online, yang pertama, adalah tentunya kami ingin mengembangkan kemampuan kami di bidang jurnalistik dan fotografi. Selain itu, kami juga ingin masyarakat luas mengenal MAKRISA dan SMA Negeri 6 Surabaya kepada masyarakat luas dan salah satu cara efektifnya adalah secara online. Kami juga ingin memberikan sarana untuk menyalurkan kreativitas bagi seluruh siswa SMA Negeri 6 Surabaya. Karena majalah sekolah kami hanya terbit setiap 6 bulan sekali. Dengan adanya magazine online ini, tentu para siswa dapat menyalurkan karya-karyanya lebih banyak lagi bukan ?